ExxonMobil di Indonesia Ternyata bukan Pabrik Mobil, Sebenarnya Pabrik Apa?

- Tim Kreatif

Selasa, 23 Januari 2024 - 10:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Otosiana.com | Rasa keingintahuan netizen +62 memang luar biasa. Salahsatunya adalah mengapa ExxonMobil memakai kata mobil, Apakah ExxonMobil memproduksi mobil di Indonesia?

Dilansir dari wikipedia, ExxonMobil, adalah sebuah perusahaan minyak dan gas multinasional yang berkantor pusat di Irving, Texas, Amerika Serikat. ExxonMobil merupakan penerus dari Standard Oil yang didirikan oleh John D. Rockefeller.

Didirikan pada tahun 1866, dengan terbentuknya Vacuum Oil Company, yang diakuisisi oleh Standard Oil pada tahun 1879.

ADVERTISEMENT

:: Show Room

Surabaya
Honda Jazz


Image

1.5 RS Bensin-AT (2015)

Rp 201.000.000

Cek Unit

Surabaya
Ford Fiesta


Image

1.6 Sport Bensin-AT (2014)

Rp 95.000.000

Cek Unit

SCROLL TO RESUME CONTENT

ExxonMobil dibentuk pada 30 November 1999 melalui penggabungan antara Exxon (sebelumnya bernama Standard Oil Company of New Jersey) dan Mobil (sebelumnya bernama Standard Oil Company of New York). Merek utama dari ExxonMobil adalah Exxon, Mobil, Esso, dan ExxonMobil Chemical.

Kini, perusahaan raksasa Migas dunia ini telah lebih dari 123 tahun beroperasi di Indonesia. ExxonMobil mulai hadir di Indonesia sejak tahun 1898 dan memulai kegiatan eksplorasi sejak tahun 1912.

Hingga tahun 1992, menurut catatan suarabanyurip.com ExxonMobil telah berhasil mencapai produksi sebesar 500 juta barel dan terus meningkatkan ekplorasinya sampai saat ini.

ExxonMobil juga membentuk anak perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi dan eksploitasi migas, yakni Mobil Cepu Limited (MCL) pada 2005 untuk mengelola Blok Cepu, dan kemudian berubah nama menjadi ExxxonMobil Cepu Limited (EMCL) pada pertengahan Oktober 2014.

Sebagai perusahaan multinasional, ExxonMobil telah berkembang dengan beberapa anak perusahaan yakni PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) yang didukung pula dengan fasilitas produksi di beberapa tempat di Indonesia.

Baca Juga :  Bekas Jajahan Belanda, Mengapa Mobil Indonesia Menggunakan Setir Kanan?

ExxonMobil telah muncul dengan tiga merek utama dan telah dipasarkan secara global. Pertama, Exxon yang telah dipercaya oleh konsumen Amerika Serikat dengan layanan pelumas dan bahan bakar untuk kebutuhan pribadi dan bisnis.

Kedua, Esso yang tersebar bagi seluruh konsumen di dunia. Ketiga Mobil yang diakui sebagai pelumas dan bahan bakar dengan inovasi canggih bagi konsumen seluruh dunia.

Info otomotif.bisnis.com, Morris Garage (MG) Motor Indonesia sebuah merek asal Inggris yang dibeli investor China menggandeng PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) untuk menjadi penyediaan oli mesin mobil mereka di Indonesia. Layanan oli mobil resmi MG ini diberlakukan untuk layanan purna jual.

Head of Aftersales MG Motor Indonesia Raditio Hutomo mengungkapkan kerjasama dengan produk Oli Exxon ini adalah upaya meningkatkan layanan purna jual MG kepada konsumen.

Tambahan pilihan oli dari Exxon agar memilih pelumas yang lebih beragam untuk perawatan mobilnya.

Berita Terkait

Driver Handal, Inilah Mobil yang digunakan Jason Statham di Transporter
Sumbang 100 Mobil Operasional Tim Anies, Siapa Eka Anugrah?

Berita Terkait

Jumat, 26 Januari 2024 - 14:35 WIB

Mobil Mewah Anti Peluru: Mobil Dinas Para Pemimpin Dunia

Jumat, 26 Januari 2024 - 13:44 WIB

Mengaspal dengan Gaya: Mobil Pertama Anak Muda Murah, Bagus, dan Stylish

Kamis, 18 Januari 2024 - 12:57 WIB

Siapa Crazy Rich Pemilik Mobil Pertama di Indonesia?

Berita Terbaru

The Beast, mobil Kepresiden Amerika Serikat digunakan sejak September 2018

Khazanah

Mobil Mewah Anti Peluru: Mobil Dinas Para Pemimpin Dunia

Jumat, 26 Jan 2024 - 14:35 WIB