Toyota Bakal Rombak Manajemen Daihatsu usai Izin Gran Max Dicabut

- Tim Kreatif

Kamis, 18 Januari 2024 - 04:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Dok. Daihatsu Jepang

Foto: Dok. Daihatsu Jepang

Jakartaotosiana.com_ Toyota bakal merombak jajaran manajemen Daihatsu menyusul temuan tim independen soal penyimpangan prosedur saat uji keselamatan.
Pemerintah Jepang menemukan ada penyimpangan prosedur pada mobil Daihatsu. Sebelumnya pada akhir Desember Daihatsu mengumumkan temuan tim independen terkait penyimpangan prosedur saat uji keselamatan.

Menyusul hal itu, Kementerian Pertahanan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang melakukan inspeksi lapangan di Daihatsu. Hasilnya, dipastkan bahwa pelanggaran yang cukup fatal dilakukan terhadap tiga pikap buatan Daihatsu yaitu Gran Max, Toyota Town Ace, dan Mazda Bingo.

Kementerian memulai proses untuk mencabut izin tipe kendaraan/Vehicle Type Approval (VTA) untuk tiga model Daihatsu yang dijual di Jepang. Ketiga model yang dicabut izinnya adalah Daihatsu Gran Max, Toyota Town Ace, dan Mazda Bongo. Model yang terdampak adalah versi pikap. VTA diperlukan untuk produksi massal kendaraan.

ADVERTISEMENT

:: Show Room

Surabaya
Honda Jazz


Image

1.5 RS Bensin-AT (2015)

Rp 201.000.000

Cek Unit

Surabaya
Ford Fiesta


Image

1.6 Sport Bensin-AT (2014)

Rp 95.000.000

Cek Unit

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kementerian Transportasi Jepang juga menyalahkan Daihatsu karena dianggap mengabaikan keselamatan. Produsen mobil tersebut ditemukan menggunakan pengatur waktu untuk mengaktifkan airbag selama tes tabrak. Padahal, airbag seharusnya keluar ketika sensor mendeteksi tabrakan. Airbag yang tidak berfungsi saat dibutuhkan dinilai dapat membahayakan nyawa.

Toyota sebagai induk perusahaan Daihatsu pun tak menganggap remeh kasus ini. Toyota bakal merombak jajaran manajemen Daihatsu. Diberitakan Reuters, CEO Toyota Koji Sato akan melakukan perombakan di struktur kepemimpinan Daihatsu.

“Kami menanggapi ini dengan sangat serius,” ujarnya.

Diharapkan perubahan tersebut bisa membuat Daihatsu kembali dipercaya oleh konsumennya. Adapun perombakan manajemen di tubuh Daihatsu juga merupakan bagian dari arahan kementerian setempat.

Baca Juga :  Ini Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja ZX6R Terbaru 2024!

“Ke depannya, kami akan bekerja sama dengan Daihatsu untuk menanggapi kekhawatiran pelanggan, pemasok, dan dealer kami dengan cara yang sopan dan santun. Selain itu, kami akan melaporkan langkah-langkah revitalisasi dan transformasi untuk mencegah terulangnya kejadian ini dan urutan perbaikan dalam waktu sekitar satu bulan,” terang Toyota dalam siaran persnya.

Berita Terkait

Driver Handal, Inilah Mobil yang digunakan Jason Statham di Transporter
Selain Film, Mobil Buatan India Kini Telah Memikat Pasar Indonesia

Berita Terkait

Jumat, 26 Januari 2024 - 14:35 WIB

Mobil Mewah Anti Peluru: Mobil Dinas Para Pemimpin Dunia

Jumat, 26 Januari 2024 - 13:44 WIB

Mengaspal dengan Gaya: Mobil Pertama Anak Muda Murah, Bagus, dan Stylish

Kamis, 18 Januari 2024 - 12:57 WIB

Siapa Crazy Rich Pemilik Mobil Pertama di Indonesia?

Berita Terbaru

The Beast, mobil Kepresiden Amerika Serikat digunakan sejak September 2018

Khazanah

Mobil Mewah Anti Peluru: Mobil Dinas Para Pemimpin Dunia

Jumat, 26 Jan 2024 - 14:35 WIB